لَقَدْ غَلَبَتِ اْلأُمِّيَةُ عَلَى الْعَرَبِ
فِى جَاهِلِيَّتِهِمْ فَلَمْ يُعْرَفْ فِى تَارِيْخِ الْبَدْوِ مَنْ كَانَ يَعْرِفُ
الْكِتَابَةَ إلاَّ قَلِيْلٌ مِنْهُمْ.
Banyak
Orang yang ummi (buta huruf) di kalangan bangsa Arab pada masa Jahiliyah dan
tidak dikenal dalam sejarah Arab Badui orang-orang yang mampu baca-tulis
kecuali sedikit diantara mereka.
فَلَمَّا ظَهَرَ اْلإسْلاَمُ أسْلَمَ بَعْضُ مَنْ كَانَ يَعْرِفُ الْكِتَابَةَ، وَ بَعْدَ مَوْقِعَةِ بَدْرٍ كَثُرَ الْكُتَّابُ الْمُسْلِمُوْنَ بَعْدَ أَنِ افْتَدَى كُلَّ أَسِيْرٍ يَعْرِفُ الْكِتَابَةَ مِنَ الْمَكِّيِّيْنَ بِتَعْلِيْمِ عَشَرَةَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ الْكِتَابَةَ، وَ أَخَذَ يَزْدَادُ الْعَدَدُ حَتَّى بَلَغَ عَدَدُهُمْ فِى عَهْدِ الرَّسُوْلِ أَكْثَرُ مِن اثْنَيْنِ وَ أَرْبَعِيْنَ كَاتِبًا. وَ كَانَ مِنْ كُتَّابِ الرَّسُوْلِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: عَلِي بن أبِي طَالِبٍ وَ أَبُوْبَكْرٍ الصِّدِّيْق وَ عُمَرُ بن الْخَطَّابِ وَ عُثْمَانُ بن عَفَّانٍ وَ عَبْدُ الله بن رَوَاحَةٍ وَ حُذَيْفَة بن الْيَمَّانِ وَ عَبْدُ الله ابن الأرْقَمِ وَ الزُّبَيْرُ بن الْعَوَّامِ وَ مُعَاوِيَة.
Ketika
Islam muncul, maka sebagian orang-orang yang mengerti baca-tulis memeluk agama
islam, dan setelah terjadinya perang Badar maka orang yang pandai baca-tulis
dari kaum muslimin bertambah banyak setelah para tawanan yang mengerti
baca-tulis dari orang-orang makkah menebus dirinya dengan mengajari puluhan
orang-orang muslim baca-tulis. Maka jumlahnya pun semakin bertambah, hingga pada
masa Rasulullah jumlahnya mencapai lebih dari 42 penulis. Dan adapun juru tulis
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yaitu; Ali bin Abi Thalib, Abu Bakar
As-Shiddiq, Umar bin Khattaab, Utsman bin Affan, Abdullah bin Rawaahah,
Hudzaifah bin Al-Yamman, Abdullah bin Al-Arqam, Zubair bin Awwaam, dan
Mu’awiyah.
وَ قَدْ كَثُرَ الْكُتَّابُ بَعْدَ اتِّسَاعِ الْمُلْكِ الإسْلاَمِيِّ، وَ فَتْحِ بِلاَدِ فَارِسٍ وَ الرُّوْمِ، وَ كَانَ الْخُلَفَاءُ اَوَّلَ الأمْرِ يُمْلُوْنَ عَلَى كُتَّابِهِمْ مَا يُرِيْدُوْنَ مِنْ كُتُبٍ إلَى الْوِلاَيَةِ أو الْعَمَّالِ أو الْقَادَةِ، فَلَمَّا شَغَلَ الْخُلَفَاءُ، بِالْمهَامِّ الْكَبِيْرَةِ عَهَدُوا إلَى كِبَارِ كُتَّابِهِمْ بِتَوَلَّي الْكِتَابَةِ عَنْهُمْ.
Dan
penulis pun bertambah banyak setelah kerajaan Islam
menyebar luas, dan setelah penaklukan negeri Persia dan Romawi. Dan para Khalifah
di awal pemerintahan menyuruh kepada para penulisnya untuk menulis perintah
yang diinginkannya kepada para pemimpin, pekerja, dan pemerintah. Setelah para Khalifah
sibuk dengan berbagai kepentingan dan permasalahan yang besar, ia memerintahkan
kepada para penulisnya untuk menjaga dan mempertanggung jawabkan tulisannya.
وَ
كَانَت الْبَوَاعِبُ إلَى الْكِتَابَةِ كَثِيْرَةٌ مِنْهَا:
1. فَقَدْ كَانَ الْمُسْلِمُوْنَ فِى حَاجَةٍ إلَيْهَا لِتَدْوِيْنِ الْقُرْآنِ
وَ لِكِتَابَةِ رَسَائِلَ الدَّعْوَةِ إلَى اْلإِسْلاَمِ.
2. كَمَا كَانُوْا فِى حَاجَةٍ إلَيْهَا فِى شُؤُوْنِ الْمُلْكِ وَ السِّيَاسَةِ،
وَ الْحَرْبِ وَ السِّلْمِ وَ فِي كِتَابَةِ الْعُهُوْدِ وَ الْمُصَالَحَاتِ وَ الْمَنْشُوْرَاتِ
وَ الْوَصَايَا وَ النَّصَائِحِ.
3. الْحَاجَةُ إلَيْهَا فِى تَدْوِيْنِ الدَّوَاوِيْنِ وَ تَنْظِيْمِهَا.
4. وَ سَاعِدٌ عَلَى ذَلِكَ مَعْرِفَةُ الْخَطِّ وَ انْتِشَارِ الْكِتَابَةِ
فِى مَكَّةَ وَ الْمَدِيْنَةِ وَ سِوَاهُمَا مِنْ أمْصَارٍ.
Adapun
latar belakang berkembangnya tulisan ini banyak, diantaranya;
1.
Umat
Islam membutuhkan tulisan tersebut untuk pengkodifikasian mushaf Al-Quran dan
untuk menulis surat-surat untuk mengajak kepada ajaran islam.
2.
Pada
saat itu pula Umat Islam membutuhkannya untuk kepentingan dalam urusan-urusan
kerajaan dan politik, peperangan, penyerahan, penulisan surat perjanjian dan perdamaian, surat
edaran (pamplet), wasiat-wasiat dan nasehat-nasehat.
3.
Dibutuhkannya
tulisan itu dalam menulis buku kumpulan syair dan aturan-aturannya.
4.
Tulisan
itu melahirkan pengetahuan tentang khat (cara menulis) dan penyebaran tulisan
di Makkah, Madinah dan daerah-daerah selainnya yang berada di wilayah Mesir.
أُسْلُوْبُ الْكِتَابَةِ فِى صَدْرِ الإِسْلاَمِ:
وَ
يَمْتَازُ أُسْلُوْبُ الْكِتَابَةِ فِى هَذِهِ الْعَصْرِ بِمَا يَأْتِى:
1. سُهُوْلَتِهَا وَ وُضُوْحِهَا وَ قَصْدِهَا إِلَى الْغَرَضِ وَ بُعْدِهَا
عَنِ التَّكَلُّفِ وَ خُلُوِّهَا مِنْ عِبَارَاتِ التَّفْخِيْمِ.
2. مَيْلِهَا إِلَى الإِيْجَازِ حَتىَّ لَقَدْ كَتَبَ خَالِدٌ بن الْوَلِيْدِ
إِلَى عِيَاضِ رِسَالَةً وَ هُوَ مُخَاصَرٌ بِدَوْمَةِ الْجَنْدَلِ يَقُوْلُ فِيْهَا:
" مِنْ خَالِدٍ
إِلَى عِيَاضٍ : إِيَّاكَ أُرِيْدُ"
3. وَ كَانَتِ الرَّسَائِلُ تُبْدَأُ: بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ، ثُمَّ يَقُوْلُ:
مِنْ فُلاَنٍ إِلَى فُلاَنٍ، ثُمَّ يَلِي ذَلِكَ غَالِباً قَوْلُهُمْ: اَلسَّلاَمُ
عَلَيْكُمْ أَو السَّلاَمُ عَلَى مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَى، ثُمَّ يُثْنُوْنَ بِقَوْلِهِمْ
، إِنِّي أَحْمَدُ اللهَ إِلَيْكَ، ثُمَّ يَأْتِي الْكِتَابُ غَالِباً: بِأَمَّا بَعْدُ،
وَ يُذْكَرُ غَرَضَهُ الَّذِيْ يَكْتُبُ لِأَجْلِهِ وَ يُخْتَمُهَا بِقَوْلِهِ:
"وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ".
بِناَءً عَلَى مَا تَقَدَّمَ تَنْقَسِمُ
الْكِتَابَةُ إِلَى قِسْمَيْنِ: كِتَابَةُ الرَّسَائِلِ وَ الدَّوَاوِيْنِ، وَ كِتَابَةُ
التَّدْوِيْنِ وَ التَّصْنِيْفِ.
Model/Gaya
Tulisan pada masa Islam
Adapun
keistimewaan uslub (gaya) tulisan pada masa ini dapat ditandai dari;
1.
Kemudahannya,
kejelasannya, sasarannya kepada tujuan, jauh dari kepura-puraan dan terlepas
dari ungkapan-ungkapan pengagungan.
2.
Cenderung
ringkas, hingga Khalid bin Walid pernah menulis sebuah surat kepada iyadh dan
dia merentangkan tangannya ke pinggang dan membanting batu besar dan ia berkata
kepadanya “dari Khalid kepada Iyadh; kamulah yang saya inginkan”.
3.
Surat-surat
pada masa itu dimulai dengan kalimat; “dengan menyebut nama-Mu ya Allah,
kemudian tertulis dari Fulan ditujukan kepada Fulan, kemudian setelah itu
semoga keselamatan tertuju kepadamu atau semoga keselamatan tertuju kepada
siapa yang mengikuti petunjuk, selanjutnya memuji Allah dengan berkata;
sesungguhnya saya memuji Allah kepadamu, kemudian kebanyakan penulis
melanjutkannya dengan ammaa ba’du dan menyebutkan tujuan penulisannya dan
ditutup dengan kalimat wassalaamu alaikum wa rahmatullah (semoga keselamatan,
dan rahmat Allah senantiasa tertuju kepadamu)
Sesuai
dengan apa yang telah dipaparkan tadi, maka tulisan terbagi menjadi dua macam
bagian yaitu penulisan surat & buku kumpulan syair dan penulisan catatan &
penyusunan.
نَمَاذِجُ
كِتَابَةِ الرَّسَائِلِ وَ الدَّوَاوِيْنِ:
1. كِتَابَةُ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِلَى كِسْرَى أَبْرُويِز
مَلِكِ فَارِسَ وَهُوَ يَقُوْلُ:
" بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ مِنْ مُحَمَّدٍ رَسُوْلُ اللهِ إِلَى كِسْرَى عَظِيْمِ
فَارِسَ، سَلاَمٌ عَلَى مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَى، وَ آمَنَ بِاللهِ و رَسُوْلِهِ، وَ
أَدْعُوْكَ بِدِعَايَةِ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ، فَإِنِّى أَنَا رَسُوْلُ اللهِ إِلَى
النَّاسِ كَافَّةً، لِأُنْذِرَ مَنْ كَانَ حَيًّا وَ يَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَى الْكَافِرِيْنَ،
وَ أَسْلِمْ تَسْلَمْ، فَإِنْ أَبَيْتَ فَإِنَّ إِثْمَ الْمَجُوْسِ عَلَيْكَ".
Contoh
Tulisan Surat dan Kumpulan Syair
1.
Tulisan
Rasulullah SAW kepada Kaisar Aproes Raja Negeri Persia;
‘Dengan
Nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang, Dari Muhammad utusan Allah
ditujukan kepada kaisar yang agung, semoga keselamatan senantiasa tertuju
kepada orang-orang yang mengikuti petunjuk dan yang beriman kepada Allah dan
Rasul-Nya. Saya menyeru anda dengan seruan Allah yang Maha Perkasa Maha Agung.
Aku adalah Rasul Allah yang diutus kepada seluruh manusia untuk memberi
peringatan kepada orang yang hidup (hatinya), dan agar pasti ketetapan (adzab)
terhadap orang kafir. Masuklah kedalam Islam niscaya engkau akan selamat.
Sedangkan jika engaku menolak maka bagi mu dosa kaum majusi.
2. كِتَابَةُ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِلَى هِرِقْلِ عَظِيْمِ
الرُّوْمِ،
" سَلاَمٌ عَلَى
مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَى. أَمَّا بَعْدُ: فَإِنِّي أَدْعُوْكَ بِدُعَاءِ اْلإِسْلاَمِ
أَسْلِمْ تَسْلَمْ. أَسْلِمْ يُؤْتِكَ اللهُ أَجْرَكَ مَرَّتَيْنِ. فَإِنْ تَوَلَّيْتَ
فَإِنَّمَا عَلَيْكَ إِثْم اْلأَرِيْسِيِّيْنَ، وَ يَاأَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا
إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَ بَيْنَكُمْ أَلاَّ تَعْبُدَ إِلاَّ الله وَ
لاَ تُشْرِكَ بِهِ شَيْئاً. وَ لاَ يَتَّخِذُ بَعْضُنَا بَعْضاً أَرْبَاباً مِنْ دُوْنِ
اللهِ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوْا اشْهَدُوْا بِأَنَّا مُسْلِمُوْنَ".
2.
Tulisan
Rasulullah SAW kepada Kaisar Herekleus Raja Romawi;
Semoga
keselamatan senantiasa tertuju kepada orang-orang yang mengikuti petunjuk. amma
ba’du. Sesungguhnya saya menyeru anda dengan seruan kepada Islam, masuklah
kedalam Islam niscaya engkau akan selamat. Berislamlah! Niscaya Allah
memberikan ganjaran kepadamu dua kali. Dan jika engkau berpaling maka bagi kamu
dosa irisiyyin. dan wahai ahli kitab marilah kita menuju kepada satu
kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah
selain Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita
tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling
maka katakanlah (kepada mereka), “saksikanlah, bahwa kami kami adalah orang
muslim”.
3. كَتَبَ أَبُوْ بَكْرٍ إِلَى الْمُسْلِمِيْنِ يَْعهَدُ إِلَى عُمَرَ بِالْخِلاَفَةِ:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
"هَذَا مَا عَهِدَ بِهِ أَبُوْ بَكْرٍ خَلِيْفَةُ
مُحَمَّدٍ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عِنْدَ آخِرِ عَهْدِهِ
باِلدُّنْيَا وَ أَوَّلُ عَهْدِهِ بِاْلآخِرَةِ فِي الْحَالِ الَّتِي يُؤْمِنُ فِيْهَا
اْلكَافِرُ، وَ يَتَّقِي فِيْهَا الْفَاجِرُ: إنِّي اسْتَعْمَلْتُ عَلَيْكُمْ عُمَرَ
بْنَ الْخَطَّابِ فَإِنْ بَرَّ وَ عَدَلَ فَذَالِكَ عِلْمِي بِهِ وَ رَأْيِي فِيْهِ،
وَ إِنْ جَارَ وَ بَدَّلَ فَلاَ عِلْمَ لِي بِالْغَيْبِ، الْخَيْرُ أَرَدْتُ، وَ لِكُلِّ
امْرِئٍ مَا اكْتَسَبَ. { وَ سَيَعْلَمُ الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا أَيَّ مُنْقَلِبٍ يَنْقَلِبُوْنَ
(الشعراء: 227)}.
3.
Tulisan
Abu Bakar kepada para Umat Islam ketika memberikan kepercayaan kepada ‘Umar bin
Khattab untuk memimpin pemerintahan.
Dengan
Nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang. Inilah apa yang diperintahkan
oleh Abu Bakar Khalifah setelah Muhammad SAW ketika masa akhirnya di dunia dan
awal masanya di kehidupan akhirat pada keadaan yang diyakini oleh orang kafir
dan ditakuti oleh orang yang berdosa: sesungguhnya saya mempekerjakan Umar bin
Khattab kepada kalian sebagai khalifah jika ia berbakti dan berbuat adil maka
itulah yang saya ketahui darinya dan pendapatku terhadapnya, akan tetapi bila
dia berlaku sewenang-wenang dan berubah maka saya tidak memiliki pengetahuan
terhadap sesuatu yang gaib, kebaikanlah yang saya inginkan dan setiap perkara
tergantung dari apa yang diusahakan “ dan orang-orang yang zalim kelak akan
tahu ke tempat mana mereka akan kembali” (As-Syu’ara; 227).
4. كِتَابَةُ عَبْدِ الْحَمِيْد بْنِ يَحْي الْكاَتِبِ إِلَى أَهْلِهِ وَ
هُوَ مُنْهَزِمٌ مَعَ مَرْوَان ابْنِ مُحَمَّدٍ آخِرِ خَلِيْفَةِ بَنِي أُمَيَّةٍ:
" أَمَّا بَعْدُ
فَإِنَّ اللهَ جَعَلَ الدُّنْيَا مَحْفُوْفَةً بِالْكُرَهِ وَ السُّرُوْرِ، وَ جَعَلَ
فِيْهَا أَقْسَاماً مُخْتَلِفَةً بَيْنَ أَهْلِهَا، فَمَنْ دَرَتْ لَهُ بِحَلاَوَتِهَا،
وَ سَاعَدَهُ الْحُظُّ فِيْهَا، سَكَنَ إِلَيْهَا وَ رَضِيَ بِهَا وَ أَقَامَ عَلَيْهَا،
وَ مَنْ قَرَصَتْهُ بِأَظْفَارِهَا، وَ عَضَتْهُ بِأَنْيَابِهَا، وَ تَوَطَأَتْهُ
بِثَقَلِهَا، قَلاَهَا نَافِراً عَنْهَا، وَ ذَمَّهَا سَاخِطاً عَلَيْهَا".
4.
Tulisan
Abdul Hamid bin Yahya, dia menulis kepada keluarganya ketika ia dikalahkan oleh
Marwan Ibnu Muhammad Khalifah terakhir Bani Umayyah
Amma
ba’du Sesungguhnya Allah menjadikan dunia
itu disertai dengan kebencian dan kesenangan, dan menjadikan di dalamnya
kelompok-kelompok yang berbeda diantara para penduduknya. Dan barangsiapa yang
merasakan manisnya dunia dan ditopang
oleh keberuntungan di dalamnya maka ia akan hidup tenang di dalamnya, puas
dengannya dan membangun kesenangan di atasnya. Dan barang siapa yang dicubit
oleh kukunya, digigit oleh gigi taringnya dan diinjak oleh beban beratnya (merasakan
kesengsaraan di dunia) maka ia akan lari darinya dan mencelanya dengan
ketidakpuasan terhadapnya.
كِتَابَةُ
التَّدْوِيْنِ وَ التَّصْنِيْفِ
انْقَضَى زَمَنُ الْخَلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ وَ
لَمْ يُدَوَّنْ فِيْهِ كِتَابٌ إِلاَّ مَا كَانَ مِنْ أَمْرِ كِتَابَةِ الْمُصْحَفِ.
وَ كَانَ مَرْجِعُ النَّاسِ فِي أَمْرِ دِيْنِهِمْ وَ دُنْيَاهُمْ كِتَابَ اللهِ تَعَالَى
وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ فَإِذَا اشْتَبَهَ عَلَيْهِمْ أَمْرٌ مِنْ أُمُوْرِ الدِّيْنِ
رَجَعُوْا إِلَى الْخُلَفَاءِ وَ فُقَهَاءِ الصَّحَابَةِ وَ اسْتَخْارَوُا اللهَ وَ
اسْتَظْهَرُوْا بِاجْتِهَادِهِمْ رَأْياً عَمَلُوْا بِهِ .
Tulisan
catatan dan penyusunan
Periode
Khulafaaurrasyidin telah berlalu dan pada masa itu belum ditulis suatu buku
kecuali perintah penulisan mushaf. Dan adapun sumber manusia pada masa itu dalam
urusan agama dan dunianya adalah Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya. Dan apabila
terdapat suatu perkara yang meragukan dalam urusan agamanya, maka mereka
kembalikan kepada para Khalifah dan ahli fiqh dari golongan sahabat dan
berikhtiar kepada Allah dan meminta dari pendapat ijtihadnya kemudian
mengerjakannya.
وَ قَدْ كَانُوْا لاَ يَكْتُبُوْنَ أَقْوَالَ النَِّبيِّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ خَشْيَةً أَنْ يَجْرِهِمْ ذَلِكَ إِلَى اْلإِعْتِمَادِ عَلَى الْكُتُبِ وَ إِهْمَالِ حِفْظِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ وَ السُّنَّةِ، وَ لأنَّ الْكِتَابَ عُرْضَةٌ لِلضِّيَاعِ وَ التَّصْحِيْفِ وَ التَّحْرِيْفِ.
Dan
pada saat itu mereka tidak menulis perkataan (hadits) Nabi SAW karena ini
ditakutkan mereka hanya bergantung kepada tulisan dan hilangnya hapalan
Al-Quran dan Sunnah. Ini dikarenakan dengan dituliskannya dalam bentuk buku
adalah penengah dalam kehilangan hapalan, salah mengeja dan salah menafsirkan.
تَدْوِيْنُ النَّحْوِ:
وَ كَانَ أَوَّلُ مَنْ كَتَبَ فِيْهِ أَبُوْ اْلأَسْوَدِ الدُّوَلِي وَ قَدْ تَلَقَّى مَبَادِئَهُ عَنِ اْلإِماَمِ عَلِيّ، وَ أَخَذَ عَنْهُ فِتْيَانَ الْبَصْرَةِ وَ خُصُوْصاً الْمَوَالِي، إِذْ كَانُوْا أَحْوَجَ النَّاسُ إِلَى النَّحْوِ، وَ اشْتَغَلَ أَهْلُ الْكُوْفَةِ بِهِ بَعْدَ أَنْ فَشَا بِالْبَصْرَة، وَ لَمْ يَنْقِضَّ هَذَا الْعَصْرُ حَتىَّ اشْتَغَلَ بِهِ طَبَقَتَانِ: طَبَقَةٌ مِنَ الْبَصْرِيِّيْنَ وَ طَبَقَةٌ مِنَ الْكُوْفِيِّيْنَ.
Penyusunan
Ilmu Nahwu
Dan
adapun orang yang pertama kali menulisnya adalah Abu Al-Aswad Ad-Duwaliy dan
dia mendapatkan prinsip dasar ilmu nahwu dari Imam Ali dan ilmu ini dipelajari
oleh pemuda-pemuda Basrah khususnya Al-Mawaliy ketika orang-orang membutuhkan
ilmu nahwu. Dan penduduk Kufah menekuni ilmu ini setelah Ilmu Nahwu menyebar di
Basrah dan masa ini belum berakhir sampai ilmu nahwu ditekuni oleh dua golongan
yaitu golongan Basrah dan golongan Kufah.
تَدْوِيْنُ الْحَدِيْثِ:
وَ لَمَّا حَدَثَتِ الْفِتَنُ وَ تَعَدَّدَتِ الْمَذَاهِبُ و النَّحْلُ وَ كَثُرَتِ اْلأَقْوَالُ وَ الْفَتَاوَى وَ الرُّجُوْعُ فِيْهَا إِلَى الرِّجَالِ وَ الرُّؤَسَاءِ وَ مَاتَ أَكْثَرُ الصَّحَابَةِ، خَافُوْا أَنْ يَعْتَمِدَ النَّاسُ عَلَى رُؤَسَائِهِمْ وَ يَتْرُكُوْا سُنَّة َرَسُوْلِ اللهِ. فَأَذِنَ أَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عُمَرُ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ لأبِي بَكْرٍ بْنِ مُحَمَّدٍ بْنِ عُمَرَ بْنِ حَزْمٍ فِي تَدْوِيْنِ الْحَدِيْثِ بَعْدَ أَنْ اسْتَخَارَ اللهَ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً. فَدَوَّنَ مَايَحْفَظُ مِنْ حَدِيْثِ رَسُوْلِ اللهِ فِي كِتَابٍ بَعَثَ بِهِ عُمَرُ إِلَى اْلأَمْصَارِ وَ لَمْ يَعْرِفْ لَهُ بَعْدَ ذَلِكَ خَبْرٌ.
Penyusunan
Hadits
Ketika
terjadi banyak kekacauan, aliran mazhab dan orang-orang yang mengaku sebagai
tokoh bertambah banyak, perkataan-perkataan, fatwa dan acuan yang bersumber
kepada para tokoh dan pemimpin dan banyaknya para sahabat yang telah wafat,
ditakutkan orang-orang akan terlalu bergantung/fanatik terhadap para
pemimpinnya dan meninggalkan sunnah Rasulullah. Maka Amirul Mu’minin Umar bin
Abdul Aziz memperkenankan Abu Bakar bin Muhammad bin Amr bin Hazm untuk
menyusun Hadits, setelah ia beristikharah kepada Allah selama 40 hari maka
mulailah ia menulis Hadits Rasulullah yang ia hapal kedalam satu buku yang
dikirim oleh umar ke Mesir dan setelah itu tidak diketahui kabarnya.
وَ بَقَى كَثِيْرٌ مِنَ التَّابِعِيْنَ مُحْجِماً عَنِ التَّدْوِيْنِ وَ التَّصْنِيْفِ تَوَرُّعاً مِنْهُمْ، و بَعْضَهُمْ كَتَبَ أَوْ سَمَحَ لِمَنْ يَكْتُبُ عَنْهُ فِي الْحَدِيْثِ وَ رِوَايَةِ أَقْوَالِ الصَّحَابَةِ فِي التَّفْسِيْرِ وَ انْقَضَى هَذَ الْعَصْرُ وَ لَمْ يُدَوَّنْ فِيْهِ مِنْ عُلُوْمِ اللُّغَةِ وَ الدِّيْنِ غَيْرَ النَّحْوِ وَ بَعْضِ الْحَدِيْثِ وَ بَعْضِ التَّفْسِيْرِ.
Dan kebanyakan
dari para Tabi’in menahan diri dan enggan untuk manulis dan menyusun Hadits
karena rasa takut (wara’) mereka dan sebagaian lagi menulis dan mempersilahkan
orang untuk menulis Hadits dan riwayat perkatan para sahabat dalam tafsir. Masa
ini berakhir dan pada saat itu ilmu-ilmu bahasa dan ilmu agama belum ditulis
selain ilmu Nahwu, sebagian Hadits dan sebagian Tafsir.
تَدْوِيْنُ الطِّبِّ وَ الْكِيْمِيَاءِ:
أَمَّا الْعُلُوْمُ اْلأُخْرَى فَيَرْوِى أَنَّ خَالِد بن يَزِيْد بن مُعَاوِيَة حُبِّبَ إِلَيْهِ مُطَالَعَةُ كُتُبِ اْلأوئلِ مِنَ الْيُوْنَان فَتُرْجِمَتْ لَهُ وَ نَبَغَ فِيْهَا وَ وَضَعَ كِتَاباً فِي الطِّيبِّ وَ الْكِيْمِيَا.
Penulisan
ilmu kedokteran dan ilmu kimia
Adapun
ilmu-ilmu lain maka diriwayatkan bahwa Khalid bin Yazid bin Mu’awiyah senang menelaah
buku-buku kontemporer dari yunani dan diterjemahkan untuknya dan
mengembangkannya maka lahirlah buku dalam bidang kedokteran dan kimia.
تَدْوِيْنُ التَّارِيْخِ:
كَتَبَ إِبَّانُ بن عُثْمَان " تَارِيْخ مُحَمَّدٍ وَ غَزْوَاتُهُ" كَمَا اسْتَقَدَّمَ مُعَاوِيَة عُبَيْد بن شَرِيَة مِنْ صَنْعَان (الْيَمَن) فَكَتَبَ لَهُ كِتَاب " الْمُلُوْكُ وَ أَخْبَارُ الْمَاضِيِّيْنَ". وَ أَنَّ وَهَّب بن مُنَبِّه الصَّنْعَائِي وَ مُوْسَى بن عُقْبَة كَتَبَا فِي ذَلِكَ أَيْضاً كِتَباً، وَ أَنَّ زِيَاد بن أَبِيْهِ وَضَعَ لِابْنِهِ كِتَاباً فِي مَثَالِبَ قَبَائِلَ الْعَرَبِ.
Penyusunan
Ilmu Sejarah
Ibban
bin Usman menulis buku “ Sejarah Muhammad dan Peperangannya” seperti apa yang
telah dipersembahkan Mu’awiyah Ubaid bin Syariah dari San’an (Yaman) yang menulis
sebuah buku “kerajaan-kerajaan dan berita orang-orang terdahulu” dan Wahab bin
Munabbah As-Shan’aniy dan Musa bin Uqbah yang keduanya telah menulis banyak buku dan Ziyad yang menulis untuk
anaknya sebuah buku “sisi negatif (kerusakan) kabilah-kabilah Arab”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar