أهلا و سهلا

JAGALAH HATI...

Rabu, 04 Juli 2012

اَلْكِتَابَة


لَقَدْ غَلَبَتِ اْلأُمِّيَةُ عَلَى الْعَرَبِ فِى جَاهِلِيَّتِهِمْ فَلَمْ يُعْرَفْ فِى تَارِيْخِ الْبَدْوِ مَنْ كَانَ يَعْرِفُ الْكِتَابَةَ إلاَّ قَلِيْلٌ مِنْهُمْ.
Banyak Orang yang ummi (buta huruf) di kalangan bangsa Arab pada masa Jahiliyah dan tidak dikenal dalam sejarah Arab Badui orang-orang yang mampu baca-tulis kecuali sedikit diantara mereka.

فَلَمَّا ظَهَرَ اْلإسْلاَمُ أسْلَمَ بَعْضُ مَنْ كَانَ يَعْرِفُ الْكِتَابَةَ، وَ بَعْدَ مَوْقِعَةِ بَدْرٍ كَثُرَ الْكُتَّابُ الْمُسْلِمُوْنَ بَعْدَ أَنِ افْتَدَى كُلَّ أَسِيْرٍ يَعْرِفُ الْكِتَابَةَ مِنَ الْمَكِّيِّيْنَ بِتَعْلِيْمِ عَشَرَةَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ الْكِتَابَةَ، وَ أَخَذَ يَزْدَادُ الْعَدَدُ حَتَّى بَلَغَ عَدَدُهُمْ فِى عَهْدِ الرَّسُوْلِ أَكْثَرُ مِن اثْنَيْنِ وَ أَرْبَعِيْنَ كَاتِبًا. وَ كَانَ مِنْ كُتَّابِ الرَّسُوْلِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: عَلِي بن أبِي طَالِبٍ وَ أَبُوْبَكْرٍ الصِّدِّيْق وَ عُمَرُ بن الْخَطَّابِ وَ عُثْمَانُ بن عَفَّانٍ وَ عَبْدُ الله بن رَوَاحَةٍ وَ حُذَيْفَة بن الْيَمَّانِ وَ عَبْدُ الله ابن الأرْقَمِ وَ الزُّبَيْرُ بن الْعَوَّامِ وَ مُعَاوِيَة.
Ketika Islam muncul, maka sebagian orang-orang yang mengerti baca-tulis memeluk agama islam, dan setelah terjadinya perang Badar maka orang yang pandai baca-tulis dari kaum muslimin bertambah banyak setelah para tawanan yang mengerti baca-tulis dari orang-orang makkah menebus dirinya dengan mengajari puluhan orang-orang muslim baca-tulis. Maka  jumlahnya pun semakin bertambah, hingga pada masa Rasulullah jumlahnya mencapai lebih dari 42 penulis. Dan adapun juru tulis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yaitu; Ali bin Abi Thalib, Abu Bakar As-Shiddiq, Umar bin Khattaab, Utsman bin Affan, Abdullah bin Rawaahah, Hudzaifah bin Al-Yamman, Abdullah bin Al-Arqam, Zubair bin Awwaam, dan Mu’awiyah.

وَ قَدْ كَثُرَ الْكُتَّابُ بَعْدَ اتِّسَاعِ الْمُلْكِ الإسْلاَمِيِّ، وَ فَتْحِ بِلاَدِ فَارِسٍ وَ الرُّوْمِ، وَ كَانَ الْخُلَفَاءُ اَوَّلَ الأمْرِ يُمْلُوْنَ عَلَى كُتَّابِهِمْ مَا يُرِيْدُوْنَ مِنْ كُتُبٍ إلَى الْوِلاَيَةِ أو الْعَمَّالِ أو الْقَادَةِ، فَلَمَّا شَغَلَ الْخُلَفَاءُ، بِالْمهَامِّ الْكَبِيْرَةِ عَهَدُوا إلَى كِبَارِ كُتَّابِهِمْ بِتَوَلَّي الْكِتَابَةِ عَنْهُمْ.
Dan penulis pun bertambah banyak setelah kerajaan Islam menyebar luas, dan setelah penaklukan negeri Persia dan Romawi. Dan para Khalifah di awal pemerintahan menyuruh kepada para penulisnya untuk menulis perintah yang diinginkannya kepada para pemimpin, pekerja, dan pemerintah. Setelah para Khalifah sibuk dengan berbagai kepentingan dan permasalahan yang besar, ia memerintahkan kepada para penulisnya untuk menjaga dan mempertanggung jawabkan tulisannya.

وَ كَانَت الْبَوَاعِبُ إلَى الْكِتَابَةِ كَثِيْرَةٌ مِنْهَا:
1.    فَقَدْ كَانَ الْمُسْلِمُوْنَ فِى حَاجَةٍ إلَيْهَا لِتَدْوِيْنِ الْقُرْآنِ وَ لِكِتَابَةِ رَسَائِلَ الدَّعْوَةِ إلَى اْلإِسْلاَمِ.
2.    كَمَا كَانُوْا فِى حَاجَةٍ إلَيْهَا فِى شُؤُوْنِ الْمُلْكِ وَ السِّيَاسَةِ، وَ الْحَرْبِ وَ السِّلْمِ وَ فِي كِتَابَةِ الْعُهُوْدِ وَ الْمُصَالَحَاتِ وَ الْمَنْشُوْرَاتِ وَ الْوَصَايَا وَ النَّصَائِحِ.
3.    الْحَاجَةُ إلَيْهَا فِى تَدْوِيْنِ الدَّوَاوِيْنِ وَ تَنْظِيْمِهَا.
4.    وَ سَاعِدٌ عَلَى ذَلِكَ مَعْرِفَةُ الْخَطِّ وَ انْتِشَارِ الْكِتَابَةِ فِى مَكَّةَ وَ الْمَدِيْنَةِ وَ سِوَاهُمَا مِنْ أمْصَارٍ.
Adapun latar belakang berkembangnya tulisan ini banyak, diantaranya;
1.      Umat Islam membutuhkan tulisan tersebut untuk pengkodifikasian mushaf Al-Quran dan untuk menulis surat-surat untuk mengajak kepada ajaran islam.
2.      Pada saat itu pula Umat Islam membutuhkannya untuk kepentingan dalam urusan-urusan kerajaan dan politik, peperangan, penyerahan, penulisan surat perjanjian dan perdamaian, surat edaran (pamplet), wasiat-wasiat dan nasehat-nasehat.
3.      Dibutuhkannya tulisan itu dalam menulis buku kumpulan syair dan aturan-aturannya.
4.      Tulisan itu melahirkan pengetahuan tentang khat (cara menulis) dan penyebaran tulisan di Makkah, Madinah dan daerah-daerah selainnya yang berada di wilayah Mesir.

أُسْلُوْبُ الْكِتَابَةِ فِى صَدْرِ الإِسْلاَمِ:
وَ يَمْتَازُ أُسْلُوْبُ الْكِتَابَةِ فِى هَذِهِ الْعَصْرِ بِمَا يَأْتِى:
1.    سُهُوْلَتِهَا وَ وُضُوْحِهَا وَ قَصْدِهَا إِلَى الْغَرَضِ وَ بُعْدِهَا عَنِ التَّكَلُّفِ وَ خُلُوِّهَا مِنْ عِبَارَاتِ التَّفْخِيْمِ.
2.    مَيْلِهَا إِلَى الإِيْجَازِ حَتىَّ لَقَدْ كَتَبَ خَالِدٌ بن الْوَلِيْدِ إِلَى عِيَاضِ رِسَالَةً وَ هُوَ مُخَاصَرٌ بِدَوْمَةِ الْجَنْدَلِ يَقُوْلُ فِيْهَا:
" مِنْ خَالِدٍ إِلَى عِيَاضٍ : إِيَّاكَ أُرِيْدُ"
3.    وَ كَانَتِ الرَّسَائِلُ تُبْدَأُ: بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ، ثُمَّ يَقُوْلُ: مِنْ فُلاَنٍ إِلَى فُلاَنٍ، ثُمَّ يَلِي ذَلِكَ غَالِباً قَوْلُهُمْ: اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَو السَّلاَمُ عَلَى مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَى، ثُمَّ يُثْنُوْنَ بِقَوْلِهِمْ ، إِنِّي أَحْمَدُ اللهَ إِلَيْكَ، ثُمَّ يَأْتِي الْكِتَابُ غَالِباً: بِأَمَّا بَعْدُ، وَ يُذْكَرُ غَرَضَهُ الَّذِيْ يَكْتُبُ لِأَجْلِهِ وَ يُخْتَمُهَا بِقَوْلِهِ: "وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ".
بِناَءً عَلَى مَا تَقَدَّمَ تَنْقَسِمُ الْكِتَابَةُ إِلَى قِسْمَيْنِ: كِتَابَةُ الرَّسَائِلِ وَ الدَّوَاوِيْنِ، وَ كِتَابَةُ التَّدْوِيْنِ وَ التَّصْنِيْفِ.

Model/Gaya Tulisan pada masa Islam
Adapun keistimewaan uslub (gaya) tulisan pada masa ini dapat ditandai dari;
1.      Kemudahannya, kejelasannya, sasarannya kepada tujuan, jauh dari kepura-puraan dan terlepas dari ungkapan-ungkapan pengagungan.
2.      Cenderung ringkas, hingga Khalid bin Walid pernah menulis sebuah surat kepada iyadh dan dia merentangkan tangannya ke pinggang dan membanting batu besar dan ia berkata kepadanya “dari Khalid kepada Iyadh; kamulah yang saya inginkan”.
3.      Surat-surat pada masa itu dimulai dengan kalimat; “dengan menyebut nama-Mu ya Allah, kemudian tertulis dari Fulan ditujukan kepada Fulan, kemudian setelah itu semoga keselamatan tertuju kepadamu atau semoga keselamatan tertuju kepada siapa yang mengikuti petunjuk, selanjutnya memuji Allah dengan berkata; sesungguhnya saya memuji Allah kepadamu, kemudian kebanyakan penulis melanjutkannya dengan ammaa ba’du dan menyebutkan tujuan penulisannya dan ditutup dengan kalimat wassalaamu alaikum wa rahmatullah (semoga keselamatan, dan rahmat Allah senantiasa tertuju kepadamu)
Sesuai dengan apa yang telah dipaparkan tadi, maka tulisan terbagi menjadi dua macam bagian yaitu penulisan surat & buku kumpulan syair dan penulisan catatan & penyusunan.

نَمَاذِجُ كِتَابَةِ الرَّسَائِلِ وَ الدَّوَاوِيْنِ:
1.    كِتَابَةُ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِلَى كِسْرَى أَبْرُويِز مَلِكِ فَارِسَ وَهُوَ يَقُوْلُ:
" بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ مِنْ مُحَمَّدٍ رَسُوْلُ اللهِ إِلَى كِسْرَى عَظِيْمِ فَارِسَ، سَلاَمٌ عَلَى مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَى، وَ آمَنَ بِاللهِ و رَسُوْلِهِ، وَ أَدْعُوْكَ بِدِعَايَةِ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ، فَإِنِّى أَنَا رَسُوْلُ اللهِ إِلَى النَّاسِ كَافَّةً، لِأُنْذِرَ مَنْ كَانَ حَيًّا وَ يَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَى الْكَافِرِيْنَ، وَ أَسْلِمْ تَسْلَمْ، فَإِنْ أَبَيْتَ فَإِنَّ إِثْمَ الْمَجُوْسِ عَلَيْكَ".
Contoh Tulisan Surat dan Kumpulan Syair
1.      Tulisan Rasulullah SAW kepada Kaisar Aproes Raja Negeri Persia;
‘Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang, Dari Muhammad utusan Allah ditujukan kepada kaisar yang agung, semoga keselamatan senantiasa tertuju kepada orang-orang yang mengikuti petunjuk dan yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Saya menyeru anda dengan seruan Allah yang Maha Perkasa Maha Agung. Aku adalah Rasul Allah yang diutus kepada seluruh manusia untuk memberi peringatan kepada orang yang hidup (hatinya), dan agar pasti ketetapan (adzab) terhadap orang kafir. Masuklah kedalam Islam niscaya engkau akan selamat. Sedangkan jika engaku menolak maka bagi mu dosa kaum majusi.
2.    كِتَابَةُ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِلَى هِرِقْلِ عَظِيْمِ الرُّوْمِ،
" سَلاَمٌ عَلَى مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَى. أَمَّا بَعْدُ: فَإِنِّي أَدْعُوْكَ بِدُعَاءِ اْلإِسْلاَمِ أَسْلِمْ تَسْلَمْ. أَسْلِمْ يُؤْتِكَ اللهُ أَجْرَكَ مَرَّتَيْنِ. فَإِنْ تَوَلَّيْتَ فَإِنَّمَا عَلَيْكَ إِثْم اْلأَرِيْسِيِّيْنَ، وَ يَاأَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَ بَيْنَكُمْ أَلاَّ تَعْبُدَ إِلاَّ الله وَ لاَ تُشْرِكَ بِهِ شَيْئاً. وَ لاَ يَتَّخِذُ بَعْضُنَا بَعْضاً أَرْبَاباً مِنْ دُوْنِ اللهِ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوْا اشْهَدُوْا بِأَنَّا مُسْلِمُوْنَ".
2.      Tulisan Rasulullah SAW kepada Kaisar Herekleus Raja Romawi;
Semoga keselamatan senantiasa tertuju kepada orang-orang yang mengikuti petunjuk. amma ba’du. Sesungguhnya saya menyeru anda dengan seruan kepada Islam, masuklah kedalam Islam niscaya engkau akan selamat. Berislamlah! Niscaya Allah memberikan ganjaran kepadamu dua kali. Dan jika engkau berpaling maka bagi kamu dosa irisiyyin. dan wahai ahli kitab marilah kita menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “saksikanlah, bahwa kami kami adalah orang muslim”.
3.    كَتَبَ أَبُوْ بَكْرٍ إِلَى الْمُسْلِمِيْنِ يَْعهَدُ إِلَى عُمَرَ بِالْخِلاَفَةِ:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
"هَذَا مَا عَهِدَ بِهِ أَبُوْ بَكْرٍ خَلِيْفَةُ مُحَمَّدٍ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عِنْدَ آخِرِ عَهْدِهِ باِلدُّنْيَا وَ أَوَّلُ عَهْدِهِ بِاْلآخِرَةِ فِي الْحَالِ الَّتِي يُؤْمِنُ فِيْهَا اْلكَافِرُ، وَ يَتَّقِي فِيْهَا الْفَاجِرُ: إنِّي اسْتَعْمَلْتُ عَلَيْكُمْ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ فَإِنْ بَرَّ وَ عَدَلَ فَذَالِكَ عِلْمِي بِهِ وَ رَأْيِي فِيْهِ، وَ إِنْ جَارَ وَ بَدَّلَ فَلاَ عِلْمَ لِي بِالْغَيْبِ، الْخَيْرُ أَرَدْتُ، وَ لِكُلِّ امْرِئٍ مَا اكْتَسَبَ. { وَ سَيَعْلَمُ الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا أَيَّ مُنْقَلِبٍ يَنْقَلِبُوْنَ (الشعراء: 227)}.
3.      Tulisan Abu Bakar kepada para Umat Islam ketika memberikan kepercayaan kepada ‘Umar bin Khattab untuk memimpin pemerintahan.
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang. Inilah apa yang diperintahkan oleh Abu Bakar Khalifah setelah Muhammad SAW ketika masa akhirnya di dunia dan awal masanya di kehidupan akhirat pada keadaan yang diyakini oleh orang kafir dan ditakuti oleh orang yang berdosa: sesungguhnya saya mempekerjakan Umar bin Khattab kepada kalian sebagai khalifah jika ia berbakti dan berbuat adil maka itulah yang saya ketahui darinya dan pendapatku terhadapnya, akan tetapi bila dia berlaku sewenang-wenang dan berubah maka saya tidak memiliki pengetahuan terhadap sesuatu yang gaib, kebaikanlah yang saya inginkan dan setiap perkara tergantung dari apa yang diusahakan “ dan orang-orang yang zalim kelak akan tahu ke tempat mana mereka akan kembali” (As-Syu’ara; 227).
4.    كِتَابَةُ عَبْدِ الْحَمِيْد بْنِ يَحْي الْكاَتِبِ إِلَى أَهْلِهِ وَ هُوَ مُنْهَزِمٌ مَعَ مَرْوَان ابْنِ مُحَمَّدٍ آخِرِ خَلِيْفَةِ بَنِي أُمَيَّةٍ:
" أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ اللهَ جَعَلَ الدُّنْيَا مَحْفُوْفَةً بِالْكُرَهِ وَ السُّرُوْرِ، وَ جَعَلَ فِيْهَا أَقْسَاماً مُخْتَلِفَةً بَيْنَ أَهْلِهَا، فَمَنْ دَرَتْ لَهُ بِحَلاَوَتِهَا، وَ سَاعَدَهُ الْحُظُّ فِيْهَا، سَكَنَ إِلَيْهَا وَ رَضِيَ بِهَا وَ أَقَامَ عَلَيْهَا، وَ مَنْ قَرَصَتْهُ بِأَظْفَارِهَا، وَ عَضَتْهُ بِأَنْيَابِهَا، وَ تَوَطَأَتْهُ بِثَقَلِهَا، قَلاَهَا نَافِراً عَنْهَا، وَ ذَمَّهَا سَاخِطاً عَلَيْهَا".
4.      Tulisan Abdul Hamid bin Yahya, dia menulis kepada keluarganya ketika ia dikalahkan oleh Marwan Ibnu Muhammad Khalifah terakhir Bani Umayyah
Amma ba’du Sesungguhnya Allah menjadikan dunia itu disertai dengan kebencian dan kesenangan, dan menjadikan di dalamnya kelompok-kelompok yang berbeda diantara para penduduknya. Dan barangsiapa yang merasakan manisnya dunia dan  ditopang oleh keberuntungan di dalamnya maka ia akan hidup tenang di dalamnya, puas dengannya dan membangun kesenangan di atasnya. Dan barang siapa yang dicubit oleh kukunya, digigit oleh gigi taringnya dan diinjak oleh beban beratnya (merasakan kesengsaraan di dunia) maka ia akan lari darinya dan mencelanya dengan ketidakpuasan terhadapnya.

كِتَابَةُ التَّدْوِيْنِ وَ التَّصْنِيْفِ
انْقَضَى زَمَنُ الْخَلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ وَ لَمْ يُدَوَّنْ فِيْهِ كِتَابٌ إِلاَّ مَا كَانَ مِنْ أَمْرِ كِتَابَةِ الْمُصْحَفِ. وَ كَانَ مَرْجِعُ النَّاسِ فِي أَمْرِ دِيْنِهِمْ وَ دُنْيَاهُمْ كِتَابَ اللهِ تَعَالَى وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ فَإِذَا اشْتَبَهَ عَلَيْهِمْ أَمْرٌ مِنْ أُمُوْرِ الدِّيْنِ رَجَعُوْا إِلَى الْخُلَفَاءِ وَ فُقَهَاءِ الصَّحَابَةِ وَ اسْتَخْارَوُا اللهَ وَ اسْتَظْهَرُوْا بِاجْتِهَادِهِمْ رَأْياً عَمَلُوْا بِهِ .
Tulisan catatan dan penyusunan
Periode Khulafaaurrasyidin telah berlalu dan pada masa itu belum ditulis suatu buku kecuali perintah penulisan mushaf. Dan adapun sumber manusia pada masa itu dalam urusan agama dan dunianya adalah Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya. Dan apabila terdapat suatu perkara yang meragukan dalam urusan agamanya, maka mereka kembalikan kepada para Khalifah dan ahli fiqh dari golongan sahabat dan berikhtiar kepada Allah dan meminta dari pendapat ijtihadnya kemudian mengerjakannya.

وَ قَدْ كَانُوْا لاَ يَكْتُبُوْنَ أَقْوَالَ النَِّبيِّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ خَشْيَةً أَنْ يَجْرِهِمْ ذَلِكَ إِلَى اْلإِعْتِمَادِ عَلَى الْكُتُبِ وَ إِهْمَالِ حِفْظِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ وَ السُّنَّةِ، وَ لأنَّ الْكِتَابَ عُرْضَةٌ لِلضِّيَاعِ وَ التَّصْحِيْفِ وَ التَّحْرِيْفِ.
Dan pada saat itu mereka tidak menulis perkataan (hadits) Nabi SAW karena ini ditakutkan mereka hanya bergantung kepada tulisan dan hilangnya hapalan Al-Quran dan Sunnah. Ini dikarenakan dengan dituliskannya dalam bentuk buku adalah penengah dalam kehilangan hapalan, salah mengeja dan salah menafsirkan.

تَدْوِيْنُ النَّحْوِ:

وَ كَانَ أَوَّلُ مَنْ كَتَبَ فِيْهِ أَبُوْ اْلأَسْوَدِ الدُّوَلِي وَ قَدْ تَلَقَّى مَبَادِئَهُ عَنِ اْلإِماَمِ عَلِيّ، وَ أَخَذَ عَنْهُ فِتْيَانَ الْبَصْرَةِ وَ خُصُوْصاً الْمَوَالِي، إِذْ كَانُوْا أَحْوَجَ النَّاسُ إِلَى النَّحْوِ، وَ اشْتَغَلَ أَهْلُ الْكُوْفَةِ بِهِ بَعْدَ أَنْ فَشَا بِالْبَصْرَة، وَ لَمْ يَنْقِضَّ هَذَا الْعَصْرُ حَتىَّ اشْتَغَلَ بِهِ طَبَقَتَانِ: طَبَقَةٌ مِنَ الْبَصْرِيِّيْنَ وَ طَبَقَةٌ مِنَ الْكُوْفِيِّيْنَ.
Penyusunan Ilmu Nahwu
Dan adapun orang yang pertama kali menulisnya adalah Abu Al-Aswad Ad-Duwaliy dan dia mendapatkan prinsip dasar ilmu nahwu dari Imam Ali dan ilmu ini dipelajari oleh pemuda-pemuda Basrah khususnya Al-Mawaliy ketika orang-orang membutuhkan ilmu nahwu. Dan penduduk Kufah menekuni ilmu ini setelah Ilmu Nahwu menyebar di Basrah dan masa ini belum berakhir sampai ilmu nahwu ditekuni oleh dua golongan yaitu golongan Basrah dan golongan Kufah.

تَدْوِيْنُ الْحَدِيْثِ:

وَ لَمَّا حَدَثَتِ الْفِتَنُ وَ تَعَدَّدَتِ الْمَذَاهِبُ و النَّحْلُ وَ كَثُرَتِ اْلأَقْوَالُ وَ الْفَتَاوَى وَ الرُّجُوْعُ فِيْهَا إِلَى الرِّجَالِ وَ الرُّؤَسَاءِ وَ مَاتَ أَكْثَرُ الصَّحَابَةِ، خَافُوْا أَنْ يَعْتَمِدَ النَّاسُ عَلَى رُؤَسَائِهِمْ وَ يَتْرُكُوْا سُنَّة َرَسُوْلِ اللهِ. فَأَذِنَ أَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عُمَرُ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ لأبِي بَكْرٍ بْنِ مُحَمَّدٍ بْنِ عُمَرَ بْنِ حَزْمٍ فِي تَدْوِيْنِ الْحَدِيْثِ بَعْدَ أَنْ اسْتَخَارَ اللهَ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً. فَدَوَّنَ مَايَحْفَظُ مِنْ حَدِيْثِ رَسُوْلِ اللهِ فِي كِتَابٍ بَعَثَ بِهِ عُمَرُ إِلَى اْلأَمْصَارِ وَ لَمْ يَعْرِفْ لَهُ بَعْدَ ذَلِكَ خَبْرٌ.
Penyusunan Hadits
Ketika terjadi banyak kekacauan, aliran mazhab dan orang-orang yang mengaku sebagai tokoh bertambah banyak, perkataan-perkataan, fatwa dan acuan yang bersumber kepada para tokoh dan pemimpin dan banyaknya para sahabat yang telah wafat, ditakutkan orang-orang akan terlalu bergantung/fanatik terhadap para pemimpinnya dan meninggalkan sunnah Rasulullah. Maka Amirul Mu’minin Umar bin Abdul Aziz memperkenankan Abu Bakar bin Muhammad bin Amr bin Hazm untuk menyusun Hadits, setelah ia beristikharah kepada Allah selama 40 hari maka mulailah ia menulis Hadits Rasulullah yang ia hapal kedalam satu buku yang dikirim oleh umar ke Mesir dan setelah itu tidak diketahui kabarnya.


وَ بَقَى كَثِيْرٌ مِنَ التَّابِعِيْنَ مُحْجِماً عَنِ التَّدْوِيْنِ وَ التَّصْنِيْفِ تَوَرُّعاً مِنْهُمْ، و بَعْضَهُمْ كَتَبَ أَوْ سَمَحَ لِمَنْ   يَكْتُبُ عَنْهُ فِي الْحَدِيْثِ وَ رِوَايَةِ أَقْوَالِ الصَّحَابَةِ فِي التَّفْسِيْرِ وَ انْقَضَى هَذَ الْعَصْرُ وَ لَمْ يُدَوَّنْ فِيْهِ مِنْ عُلُوْمِ اللُّغَةِ وَ الدِّيْنِ غَيْرَ النَّحْوِ وَ بَعْضِ الْحَدِيْثِ وَ بَعْضِ التَّفْسِيْرِ.
Dan kebanyakan dari para Tabi’in menahan diri dan enggan untuk manulis dan menyusun Hadits karena rasa takut (wara’) mereka dan sebagaian lagi menulis dan mempersilahkan orang untuk menulis Hadits dan riwayat perkatan para sahabat dalam tafsir. Masa ini berakhir dan pada saat itu ilmu-ilmu bahasa dan ilmu agama belum ditulis selain ilmu Nahwu, sebagian Hadits dan sebagian Tafsir.

تَدْوِيْنُ الطِّبِّ وَ الْكِيْمِيَاءِ:

أَمَّا الْعُلُوْمُ اْلأُخْرَى فَيَرْوِى أَنَّ خَالِد بن يَزِيْد بن مُعَاوِيَة حُبِّبَ إِلَيْهِ مُطَالَعَةُ كُتُبِ اْلأوئلِ مِنَ الْيُوْنَان فَتُرْجِمَتْ لَهُ وَ نَبَغَ فِيْهَا وَ وَضَعَ  كِتَاباً فِي الطِّيبِّ وَ الْكِيْمِيَا.
Penulisan ilmu kedokteran dan ilmu kimia
Adapun ilmu-ilmu lain maka diriwayatkan bahwa Khalid bin Yazid bin Mu’awiyah senang menelaah buku-buku kontemporer dari yunani dan diterjemahkan untuknya dan mengembangkannya maka lahirlah buku dalam bidang kedokteran dan kimia.

تَدْوِيْنُ التَّارِيْخِ:

كَتَبَ إِبَّانُ بن عُثْمَان " تَارِيْخ مُحَمَّدٍ وَ غَزْوَاتُهُ" كَمَا اسْتَقَدَّمَ مُعَاوِيَة عُبَيْد بن شَرِيَة مِنْ صَنْعَان  (الْيَمَن) فَكَتَبَ لَهُ كِتَاب " الْمُلُوْكُ وَ أَخْبَارُ الْمَاضِيِّيْنَ". وَ أَنَّ وَهَّب بن مُنَبِّه الصَّنْعَائِي وَ مُوْسَى بن عُقْبَة كَتَبَا فِي ذَلِكَ أَيْضاً كِتَباً، وَ أَنَّ زِيَاد  بن أَبِيْهِ وَضَعَ لِابْنِهِ كِتَاباً فِي مَثَالِبَ قَبَائِلَ الْعَرَبِ.
Penyusunan Ilmu Sejarah
Ibban bin Usman menulis buku “ Sejarah Muhammad dan Peperangannya” seperti apa yang telah dipersembahkan Mu’awiyah Ubaid bin Syariah dari San’an (Yaman) yang menulis sebuah buku “kerajaan-kerajaan dan berita orang-orang terdahulu” dan Wahab bin Munabbah As-Shan’aniy dan Musa bin Uqbah yang keduanya telah menulis  banyak buku dan Ziyad yang menulis untuk anaknya sebuah buku “sisi negatif (kerusakan) kabilah-kabilah Arab”.

Minggu, 01 Juli 2012

Kisah Lima Perkara Aneh


Abu Laits as-Samarqandi adalah seorang ahli fiqh yang masyur. Suatu ketika dia pernah berkata, ayahku menceritakan bahawa antara Nabi-nabi yang bukan Rasul ada menerima wahyu dalam bentuk mimpi dan ada yang hanya mendengar suara.
Maka salah seorang Nabi yang menerima wahyu melalui mimpi itu, pada suatu malam bermimpi diperintahkan yang berbunyi, “Esok engkau dikehendaki keluar dari rumah pada waktu pagi menghala ke barat. Engkau dikehendaki berbuat, pertama; apa yang negkau lihat (hadapi) maka makanlah, kedua; engkau sembunyikan, ketiga; engkau terimalah, keempat; jangan engkau putuskan harapan, yang kelima; larilah engkau daripadanya.”
Pada keesokan harinya, Nabi itu pun keluar dari rumahnya menuju ke barat dan kebetulan yang pertama dihadapinya ialah sebuah bukit besar berwarna hitam. Nabi itu kebingungan sambil berkata, “Aku diperintahkan memakan pertama aku hadapi, tapi sungguh aneh sesuatu yang mustahil yang tidak dapat dilaksanakan.”
Maka Nabi itu terus berjalan menuju ke bukit itu dengan hasrat untuk memakannya. Ketika dia menghampirinya, tiba-tiba bukit itu mengecilkan diri sehingga menjadi sebesar buku roti. Maka Nabi itu pun mengambilnya lalu disuapkan ke mulutnya. Bila ditelan terasa sungguh manis bagaikan madu. Dia pun mengucapkan syukur ‘Alhamdulillah’.
Kemudian Nabi itu meneruskan perjalanannya lalu bertemu pula dengan sebuah mangkuk emas. Dia teringat akan arahan mimpinya supaya disembunyikan, lantas Nabi itu pun menggali sebuah lubang lalu ditanamkan mangkuk emas itu, kemudian ditinggalkannya. Tiba-tiba mangkuk emas itu terkeluar semula. Nabi itu pun menanamkannya semula sehingga tiga kali berturut-turut.
Maka berkatalah Nabi itu, “Aku telah melaksanakan perintahmu.” Lalu dia pun meneruskan perjalanannya tanpa disedari oleh Nabi itu yang mangkuk emas itu terkeluar semula dari tempat ia ditanam.
Ketika dia sedang berjalan, tiba-tiba dia ternampak seekor burung helang sedang mengejar seekor burung kecil. Kemudian terdengarlah burung kecil itu berkata, “Wahai Nabi Allah, tolonglah aku.”
Mendengar rayuan burung itu, hatinya merasa simpati lalu dia pun mengambil burung itu dan dimasukkan ke dalam bajunya. Melihatkan keadaan itu, lantas burung helang itu pun datang menghampiri Nabi itu sambil berkata, “Wahai Nabi Allah, aku sangat lapar dan aku mengejar burung itu sejak pagi tadi. Oleh itu janganlah engkau patahkan harapanku dari rezekiku.”
Nabi itu teringatkan pesanan arahan dalam mimpinya yang keempat, iaitu tidak boleh putuskan harapan. Dia menjadi kebingungan untuk menyelesaikan perkara itu. Akhirnya dia membuat keputusan untuk mengambil pedangnya lalu memotong sedikit daging pehanya dan diberikan kepada helang itu. Setelah mendapat daging itu, helang pun terbang dan burung kecil tadi dilepaskan dari dalam bajunya.
Selepas kejadian itu, Nabi meneruskan perjalannya. Tidak lama kemudian dia bertemu dengan satu bangkai yang amat busuk baunya, maka dia pun bergegas lari dari situ kerana tidak tahan menghidu bau yang menyakitkan hidungnya. Setelah menemui kelima-lima peristiwa itu, maka kembalilah Nabi ke rumahnya. Pada malam itu, Nabi pun berdoa. Dalam doanya dia berkata, “Ya Allah, aku telah pun melaksanakan perintah-Mu sebagaimana yang diberitahu di dalam mimpiku, maka jelaskanlah kepadaku erti semuanya ini.”
Dalam mimpi beliau telah diberitahu oleh Allah S.W.T. bahawa, “Yang pertama engkau makan itu ialah marah. Pada mulanya nampak besar seperti bukittetapi pada akhirnya jika bersabar dan dapat mengawal serta menahannya, maka marah itu pun akan menjadi lebih manis daripada madu.
Kedua; semua amal kebaikan (budi), walaupun disembunyikan, maka ia tetap akan nampak jua. Ketiga; jika sudah menerima amanah seseorang, maka janganlah kamu khianat kepadanya. Keempat; jika orang meminta kepadamu, maka usahakanlah untuknya demi membantu kepadanya meskipun kau sendiri berhajat. Kelima; bau yang busuk itu ialah ghibah (menceritakan hal seseorang). Maka larilah dari orang-orang yang sedang duduk berkumpul membuat ghibah.”
Saudara-saudaraku, kelima-lima kisah ini hendaklah kita semaikan dalam diri kita, sebab kelima-lima perkara ini sentiasa sahaja berlaku dalam kehidupan kita sehari-hari. Perkara yang tidak dapat kita elakkan setiap hari ialah mengata hal orang, memang menjadi tabiat seseorang itu suka mengata hal orang lain. Haruslah kita ingat bahawa kata-mengata hal seseorang itu akan menghilangkan pahala kita, sebab ada sebuah hadis mengatakan di akhirat nanti ada seorang hamba Allah akan terkejut melihat pahala yang tidak pernah dikerjakannya. Lalu dia bertanya, “Wahai Allah, sesungguhnya pahala yang Kamu berikan ini tidak pernah aku kerjakan di dunia dulu.”
Maka berkata Allah S.W.T., “Ini adalah pahala orang yang mengata-ngata tentang dirimu.” Dengan ini haruslah kita sedar bahawa walaupun apa yang kita kata itu memang benar, tetapi kata-mengata itu akan merugikan diri kita sendiri. Oleh kerana itu, hendaklah kita jangan mengata hal orang walaupun ia benar.

Hati-Hati Dengan Rasa Ini

Bukan langit namanya kalo tak berawan, bahkan menyimpan hujan. Bukan cinta namanya jika tak ada cemburu. Namun cemburu itu bisa membakar dan menghanguskan jika berlebih kadarnya, bisa membekukan jika tak ada dan bisa menghangatkan jika pas ukurannya.

Dan konon ''wanita bisa menyimpan cintanya bertahun lamanya, tapi tak bisa menyimpan rasa cemburunya, meskipn hanya sesaat''.

Karena kepekaan rasa, kelembutan hati dan kekurangan akal dan agama dlm dirinya adlh satu rangkaian yg sangat mudah menyalakan 'api cemburu' dalam hatinya.

Yang jika tidak bijak menyikapi dan menenangknnya, maka itu bisa membakarnya. Tapi hati2,,,, konon diapun sangat suka bila suaminya cemburu padanya.

Cukuplah Kematian Sebagai Peringatan


Rasulullah SAW bersabda dalam haditsnya;
“Perbanyaklah mengingat sesuatu yang melenyapkan semua kelezatan, yaitu kematian!” (HR. Tirmidzi)
Berbahagialah hamba-hamba Allah yang senantiasa bercermin dari kematian. Senantiasa mengingat mati. Karena ia bagaikan guru yang baik, kematian memberikan banyak pelajaran, menyadarkan tentang makna hidup, bahkan mengawasi alur kehidupan agar selalu berpikir tentang persiapan amal shaleh untuk menyambutnya.

Nilai-nilai pelajaran yang ingin di
berikan dengan senantiasa mengingat kematian begitu banyak, menarik, bahkan menenteramkan. Di antaranya adalah apa yang mungkin sering kita rasakan dan lakukan.

1. Kematian mengingatkan bahwa waktu sangat berharga

Tak ada sesuatu pun buat seorang mukmin yang mampu mengingatkan betapa berharganya nilai waktu selain kematian. Tak seorang pun tahu berapa lama lagi jatah waktu pentasnya di dunia ini akan berakhir. Sebagaimana tak seorang pun tahu di mana kematian akan menjemputnya.

Ketika seorang manusia melalaikan nilai waktu pada hakekatnya ia sedang menggiring dirinya kepada jurang kebinasaan. Karena tak ada satu detik pun waktu terlewat melainkan ajal kian mendekat.
Setiap tarikan nafas yang kita hirup merupakan jalan yang mendekatkan kita kepada kematian. Allah swt mengingatkan itu dalam surah Al-Anbiya ayat 1,
  

“Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya).”

Ketika jatah waktu terhamburkan sia-sia, dan ajal sudah di depan mata. Tiba-tiba, lisan tergerak untuk mengatakan, “Ya Allah, mundurkan ajalku sedetik saja. Akan kugunakan itu untuk bertaubat dan mengejar ketinggalan.” Tapi sayang, permohonan tinggallah permohonan. Dan, kematian akan tetap datang tanpa ada perundingan.

Allah swt berfirman dalam surah Ibrahim ayat 44, “Dan berikanlah peringatan kepada manusia terhadap hari (yang pada waktu itu) datang azab kepada mereka, maka berkatalah orang-orang zalim: ‘Ya Tuhan kami, beri tangguhlah kami walaupun dalam waktu yang sedikit, niscaya kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti rasul-rasul….”

2.
Kematian mengingatkan bahwa kita bukan siapa-siapa

Kalau kehidupan dunia bisa diumpamakan dengan pentas sandiwara, maka kematian adalah akhir segala peran. Apa pun dan siapa pun peran yang telah dimainkan, ketika sutradara mengatakan ‘habis’, maka usai sudah permainan. Begitupun dengan pentas kehidupan dunia yang diakhiri dengan perkara kematian. Dan akan memasuki kehidupan yang kekal abadi

Kalau kita memainkan peran di dunia ini sebagai orang kaya, maka itu janganlah terlalau berbangga hati karena kekayaan yang kita miliki ini tidak abadi pasti akan diakhiri dengan kematian. Begitupun juga dengan jabatan, harta, pakaian dan kendaraan yang kita miliki pasti akan berakhir.

Teramat tidak wajar kalau ada manusia yang berbangga dan yakin bahwa dia akan menjadi orang yang kaya dan berkuasa selamanya. begitupun, teramat tidak wajar kalau ada manusia yang merasa akan terus menderita selamanya. Semua perkara mempunyai awal dan akhir. Dan akhir itu semua adalah kematian. Dan selanjutnya akan mempertanggung jawabkan apa yang telah ia perbuat selama di dunia dan mendapakan balasan yang sesuai dan seadil-adilnya.

3. Kematian mengingatkan bahwa kita tak memiliki apa-apa

Ajaran Islam menggariskan kita bahwa tak ada satu benda pun yang boleh ikut masuk ke liang lahat kecuali kain kafan. Siapa pun dia. Kaya atau miskin. Penguasa atau rakyat jelata Semuanya akan masuk lubang kubur bersama bungkusan kain kafan. Cuma kain kafan itu.

Itu pun masih bagus. Karena, kita terlahir dengan tidak membawa apa-apa. Cuma tubuh kecil yang telanjang.

Lalu, masih layakkah kita mengatasnamakan kesuksesan diri ketika kita meraih keberhasilan. Masih patutkah kita membangga-banggakan harta dengan
menyebutkan bahwa ini adalah milik saya. Kita datang dengan tidak membawa apa-apa dan pergi pun bersama sesuatu yang tak berharga.

Ternyata, semua hanya
pinjaman. Dan pemilik sebenarnya hanya Allah. Ketika peran usai, kepemilikan pun kembali kepada Allah. Lalu, dengan keadaan seperti itu, masihkah kita menyangkal bahwa kita bukan apa-apa. Dan, bukan siapa-siapa. Kecuali, hanya hamba Allah yang lemah dan tidak memiliki apa-apa.




4. Kematian mengingatkan bahwa hidup begitu berharga

Seorang hamba Allah yang mengingat kematian akan senantiasa tersadar bahwa hidup teramat berharga. Hidup tak ubahnya seperti ladang pinjaman. Seorang petani yang cerdas akan memanfaatkan ladang itu dengan menanam tumbuhan yang berharga. Dengan sungguh-sungguh. Petani itu khawatir, ia tidak mendapat apa-apa ketika ladang harus dikembalikan.




Mungkin, inilah maksud ungkapan Imam Ghazali ketika menafsirkan surah Al-Qashash ayat 77, “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) dunia…” dengan menyebut, “Ad-Dun-ya mazra’atul akhirah.”
(Dunia adalah ladang buat akhirat)

Orang yang mencintai sesuatu takkan melewatkan sedetik pun waktunya untuk mengingat sesuatu itu. Termasuk, ketika kematian menjadi sesuatu yang paling diingat. Dengan memaknai kematian, berarti kita sedang menghargai arti kehidupan.

5. Kematian mengingatkan bahwa hidup sementara

Kejayaan dan kesuksesan kadang menghanyutkan anak manusia kepada sebuah khayalan bahwa ia akan hidup selamanya. Hingga kapan pun. Seolah ia ingin menyatakan kepada dunia bahwa tak satu pun yang mampu
memisahkan antara dirinya dengan kenikmatan saat ini.

Ketika
tanda kematian mulai datang berupa rambut yang beruban, tenaga yang kian berkurang, wajah yang makin keriput, barulah ia tersadar. Bahwa, segalanya akan berpisah. Dan pemisah kenikmatan itu bernama kematian. Hidup tak jauh dari siklus: awal, berkembang, dan kemudian berakhir.

Rasululloh shallallaahu 'alaihi wa sallam memaparkan tentang dunia dan diri beliau, "Apalah aku dan dunia ini !, Sesungguhnya permisalan aku dengan dunia adalah seperti seorang pengembara yang tidur di bawah naungan sebuah pohon. Kemudian pergi dan meninggalkan pohon tersebut." (HR: Ahmad, At-Tirmidzy dan Ibnu Majah).

Perjalanan. Begitulah dunia itu hakikatnya. Dan setiap perjalanan ada tempat tujuannya. Dan untuk menuju kepada tujuan itulah kita seharusnya menyiapkan bekal kita.
Marilah lihat diri sendiri, sudah punya bekalkah kita semua ?, atau kita baru saja sadar bahwa kita ini ternyata hanyalah seorang pengembara yang harus kembali ke tujuannya dan ternyata kita belum punya bekal secuilpun dan dikatakan bahwa bekal yang paling baik adalah taqwa kepada Allah.

Surat Untukmu Wahai Wanita Cantik

Wahai wanita cantik,
Engkau yang diciptakan dengan sangat sempurna oleh Rabbmu..
Indah dengan segala kelebihanmu yang ada

Wahai wanita cantik,
Sering kali aku melihatmu berjalan dengan baju yang sangat sederhana,Bahan yang sederhana,dan ukuran yang sangat sangat sederhana,Hingga bagian auratmu yang harusnya tak tampak menjadi tampak..

Wahai wanita cantik,
Cukup sering aku melihat engkau jalan di depan para lelaki denga pakaian sexy-mu,Dan para lelaki itu menatapmu dengan sangat lekat dari ujung kakimu sampai ujung rambutmu,Mengikuti langkahmu hingga hilang dari pandangan mereka,pandangan yg menjijikkan...

Wahai wanita cantik,
Suaramu sungguh merdu,Mendayu-dayu layaknya putri duyung yang sedang bernyanyi,Bening sebening sumber mata air yang mengalir..

Wahai wanita cantik..
Ketahuilah engkau begitu berharga terlalu berharga Engkau bagai intan berlian yang terpajang pada sebuah kotak kaca indah berkunci dan terbungkus rapi..

Engkau bukan emas campuran murahan yang terpajang di chow kit dan dengan seenaknya sang pembeli dapat merabamu,memegang tubuhmu dan memakaimu hanya untuk mencoba,lalu sang pembeli pergi,tak jadi membelimu dan mengembalikanmu di tempat yang sama!!Bukan, engkau bukan itu wahai wanita cantik!!

Engkau intan berlian yang terpajang dalam kotak kaca indah berkunci dan terbungkus rapi..orang yang menginginkanmu tidak berhak merabamu,memegangmu tubuhmu bahkan mencoba memakainya!Tidak, mereka terlalu kotor untuk itu mereka harus terlebih dahulu membelimu dengan harga yang sangat mahal,setelah itu mereka akan dapat memilikimu sepenuhnya..

Engkau yang utuh,yang belum pernah di coba orang lain sebelumnya..

Wahai wanita cantik..
Engkau sungguh indah..Bagai bunga mawar yang ketika orang ingin mengambilnya,terlebih dahulu mereka harus merasakan duri pertahanan diri yang kau punya,Bagai bunga edelweis yang ketika menginginkanmu,terlebih dahulu mereka harus mendaki gunung ke arah ketinggian,menantang keberanian dan cuaca yang tak bersahabat,Engkau bukan bunga bangkai,yang terlihat begitu indah dari kejauhan dengan warna yang menyala yang membuat para serangga tertarik dengan warna indahmu,namun ketika didekati, kau busuk.. ahhh baumu saja sudah membuat orang mual,apalagi memilikimu, merekapun enggan..

Wahai wanita cantik..
Jagalah amanah keindahan yang ada pada dirimu..Berjalan saja kau terlihat menawan,belum lagi pembawaanmu yang sangat anggun,apalagi jika kau bersuara merayu,dan menampakkan apa yang tak seharusnya tampak..Ahh..jagalah itu semua saudariku,Tutuplah auratmu agar tak ada yang berkeinginan lain terhadapmu lelaki jalanan itu tak pantas menikmati tubuhmu dengan memandangimu dengan pandangan menjijikkan itu!mereka terlalu kotor untukmu!Jagalah kehormatanmu saudariku lelaki manapun yang belum halal bagimu tak pantas menyentuh tubuh dan kehormatanmu,pun atas nama cinta sungguh, cinta dan nafsu itu berbeda..

Apakah kau khuatir tidak ada yang menyayangimu dan menjagamu atas nama cinta?

Apakah kau takut tidak akan ada yang menggombal dan merayumu atas nama cinta?

Wahai saudari seakidahku..
bukan lelaki yang menginginkan tubuhmu yang sesungguhnya mencintaimu..
Lihatlah.. aku disini aku sangat sedih melihat keadaanmu sekarang..( T_T )
aku sedih melihat para lelaki itu menzalimimu.. diri ini serasa tercabi-cabik..

Lihatlah di sekitarmu..tak hanya aku yang menginginkan ini semua yang terbaik untukmu..

lihatlah saudara-saudara semuslim mu Lihatlah kami..sungguh engkau membuat air mata kami mengalir dan terus mengalir dari mata-mata kami..kami disini sedang memikirkan dan berbuat sesuatu untukmu..agar tak pernah lagi engkau dizalimi siapapun...Lihatlah kedua orang tuamu...apakah mereka menginginkanmu menjadi seperti ini?

Sungguh engkau bakai mutiara bagi keluargamu mutiara yang mereka jaga sejak kecilmu sampai engkau beranjak dewasa...apakah dengan ini engkau membalasnya?

Jika kau masih kurang dengan ini, maka lihatlah Allah Tuhanmu, Yang Menciptakanmu, Yang tiada henti-hentinya memberi nikmat padamu padahal tak jarang kau lupa denganNya...Ia masih memberimu nikmat udara, nikmat hidup, nikmat kecantikan dari tubuhmu yang indah itu..

Bayangkan, jika Ia tidak menyangimu,kenapa Ia tak cabut saja nikmat wajahmu yang cantik dan tubuhmu yang indah??Tapi tidak meskipun engkau sering kali melupakanNya, nimkatNya tetap terus mengalir...

Wahai saudari seakidahku..
Biarlah hanya satu lelaki paling beruntung yang dapat menikmati dirimu seutuhnya,yakni suamimu kelak ketika ikatan antara kalian halal dan berbuah redhaNya ketika suara mendayumu bukan lagi dosa tapi pahala..hanya dia yang pantas, saudariku..

Wahai wanita idamanku...
Sungguh tidak ada alasan lain yang membuat aku melakukan ini selain cintaku yang begitu tinggi kepadamu..Cintaku yang membuncah yang membuat aku memikirkanmu hingga kata-kata ini kugoreskan..

Cintaku yang menangis ketika melihat keadaanmu yang terzalimi oleh petualang ajnabi dan perbudakan hawa nafsu... Cintaku yang akan tersenyum jika engkau berniat kembali ke jalanNya..

Mari berjalan bersamaku, saudariku temani aku dalam perjalanan indah yang tak singkat ini,menuju kepadaNya....